Sabtu, 26 Juni 2010

Scan Otak yang Bisa Baca Pikiran 'Tersembunyi'

Los Angeles, Seseorang yang memiliki kemampuan untuk membaca pikiran orang lain biasanya dianggap sebagai paranormal. Kini kemampuan tersebut tak hanya dimiliki paranormal, ilmuwan pun punya alat scan otak yang bisa baca pikiran bahkan pikiran yang 'tersembunyi'.

Alat pemindai (scan) otak yang diciptakan oleh Emily Falk dan rekan-rekannya di Universitas California, Los Angeles, ini telah diuji secara akurat pada beberapa partisipan dan telah dilaporkan dalam Journal of Neuroscience.

Falk mengungkapkan bahwa penelitian ini awalnya untuk menyelidiki apakah ada pikiran 'tersembunyi' di dalam otak, karena terkadang ada beberapa orang yang berniat untuk melakukan sesuatu dan ternyata tidak jadi melakukannya.

"Banyak orang 'memutuskan' untuk melakukan sesuatu, tapi tidak melakukannya," tambah Matthew Lieberman, seorang profesor psikologi dari Universitas California yang memimpin penelitian, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (23/6/2010).

Dengan functional magnetic resonance imaging (fMRI), Falk dan rekannya mampu membaca pikiran seseorang melampaui apa yang diketahui orang tersebut atau disebut dengan pikiran 'tersembunyi', sehingga dapat memprediksi perilaku aktual yang akan dilakukan seseorang.

FMRI menggunakan medan magnet untuk mengukur aliran darah di otak. Hal itu dapat mengindikasikan daerah otak yang lebih aktif dibandingkan daerah lainnya, tetapi membutuhkan interpretasi yang cermat.

Daerah otak yang aktif biasanya terjadi dalam satu bidang otak, yaitu bagian tertentu dari korteks prefrontal medial, yang dapat memberikan informasi terbaik.

"Ini adalah satu daerah dari korteks prefrontal, yang kita tahu bahwa ukurannya tidak proporsional antara manusia dan primata lainnya. Daerah ini terkait dengan kesadaran diri," jelas Lieberman.(mer/ir)

1 komentar:

  1. wahhh... seruuu !!!
    pak kalo bisa, tambahin donk gambar dan lokasi korteks prefrontal beserta fungsinya, biar lebih jelas. . ...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang blog ini, terima kasih

Jumlah Pengunjung :